NEWS BREAKING NEWS
Live
wb_sunny

Breaking News

Ganisa Adakan Seminar Nasional Paralegal Komunitas

Ganisa Adakan Seminar Nasional Paralegal Komunitas





TRANSFORMASINUSA.COM | Jakarta, DPP Ganisa melalui Deputy Kesehatannya akan mengadakan Seminar Nasional tentang Peran Paralegal Komunitas dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba, Minggu 27 Oktober 2024 secara Virtual (Online). Demikian keterangan Ketum DPP Ganisa Sunardi Lintang,S.M saat ditemui media di kantor pusat DPP Ganisa Bekasi, Selasa (15/10/2024).

Seminar Nasional ini dilatarbelakangi oleh bahwa dalam satu Dasawarsa ini Indonesia mengalami Darurat Narkoba, karena hampir semua profesi masyarakat terlibat Narkoba dan sasaran korban terbanyak pada usia sekolah (Pelajar, Siswa, & Mahasiswa), untuk itu diperlukan Kesadaran Hukum Masyarakat melalui Peran Paralegal Komunitas.

Generasi Muda merupakan pewaris Bangsa yang harus kita jaga bersama, karena nasib Bangsa ini berada ditangan mereka pada masa yang akan datang. Sehingga diperlukan upaya semua pihak untuk mendukung Gerakan Anti Narkoba Indonesia (Ganisa) dalam menyelamatkan Generasi Muda, agar terhindar dari bahaya Penyalahgunaan Narkoba di masa yang akan datang.

Perlu kesadaran semua pihak untuk melakukan upaya pencegahan Penyalahgunaan Narkoba melalui Paralegal Komunitas, mulai dari diri sendiri, orang tua, keluarga, pihak sekolah, tokoh Agama, Praktisi Kesehatan, Aparat Penegak Hukum, dan semua elemen masyarakat agar dapat mencegah peredaran & penyalahgunaan Narkoba di lingkungan masing masing.

Sebagai tujuan dari Seminar ini terdiri dari : Melakukan Sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba dari Aspek Hukum, terutama bagi Generasi Muda, Melaksanakan Program kerja DPP Ganisa melalui Seminar Nasional Paralegal Komunitas dan Meningkatkan kesadaran Hukum masyarakat, terutama bagi Generasi Muda agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan Narkoba.

Maka dari itu upaya pencegahan sangat penting dilakukan semua pihak. Dengan demikian Ganisa siap berada pada garda terdepan untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan Napza.

Dasar hukum diselenggarakannya Seminar ini : Undang undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, Undang undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, Undang undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkoba, Undang undang No 16 tahun 2017 tentang ormas, Permenkumham RI nomor 3 tahun 2021 tentang Paralegal Memberikan Bantuan Hukum, SK Menkumham Nomor AHU.0009553.AH.01.04.Tahun 2024, tanggal 25 Juni 2024, dan Program Kerja  DPP Ganisa.

Tema Seminar SELAMATKAN GENERASI MUDA DARI BAHAYA NARKOBA MELALUI PARALEGAL KOMUNITAS akan menampilkan Narasumber, diantaranya : sebagai Keynote Speker : Ketum DPP Ganisa Sunardi Lintang,S.M, serta Prof DR HR Wijaya,M.Si.,PhD.,CFLE (Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang), Dr Dalan E Bangun,SH.,MH.,CFLE (Akademisi & Praktisi Hukum), dan Dr H Misri Hasanto,S.Ked.,SH.,M.Kes,CFLE (Konsultan Hukum Kesehatan, Kepala Deputy Kesehatan DPP Ganisa, & Assessor BNN)

Sebagai Sasaran Seminar diharapkan : Pelajar, Siswa, & Mahasiswa, Akademisi, Praktisi Hukum, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ormas, Praktisi Kesehatan, Orang Tua Siswa, dan Birokrat. Ujar Ketum Sunardi Lintang,SM.

Target Seminar : Peserta dapat memahami Aspek Hukum bahaya Narkoba di lingkungan masing masing, Peserta dapat Melakukan Penyuluhan Hukum, Pendampingan Hukum, dan Bantuan Hukum sebagai bentuk upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba, dan Peserta dapat konsultasi Gratis Hukum tentang bahaya Narkoba.

Sebagai Tindak Lanjut Seminar diharapkan : Peserta diharapkan dapat membentuk Paralegal Komunitas pada masing masing organisasi yang menaunginya, sehingga dapat memberikan Bantuan Hukum secara Gratis bagi masyarakat yang mencari keadilan.

Diharapkan agar semua pihak dapat berpartisipasi aktif untuk menyukseskan Seminar Nasional ini ungkap Kepala Deputy Kesehatan DPP Ganisa Dr H Misri yang juga sebagai Narasumber nantinya, Selasa 15 Oktober 2024 melalui telpon selulernya.

TRANSFORMASINUSA NEWS

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih