NEWS BREAKING NEWS
Live
wb_sunny

Breaking News

20 Tahun Tsunami: Pembelajaran dan Kolaborasi Kesiapsiagaan Bencana di Asia-Pasifik

20 Tahun Tsunami: Pembelajaran dan Kolaborasi Kesiapsiagaan Bencana di Asia-Pasifik

 

TRANSFORMASINUSA.COM | Jakarta, 11 September 2024 — Global Forum for Sustainable Resilience (GFRS), atau Forum Global untuk Ketahanan Berkelanjutan, resmi dibuka pada tanggal 11 September 2024, bersama dengan dibukanya Asia Disaster Management and Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) yang ketiga. Diadakan di JIExpo Kemayoran, forum global ini mengangkat tajuk “Menavigasi Ketakpastian: Memajukan Ketahanan Berkelanjutan di Tengah Perubahan Dunia [Navigating Uncertainty: Advancing Sustainable Resilience in a Changing World]” selama dua hari penyelenggaraannya. Diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia bersama program Kemitraan Australia-Indonesia untuk Manajemen Risiko Bencana, SIAP SIAGA, forum global ini akan dihadiri oleh berbagai perwakilan negara-negara ASEAN, Sekretariat ASEAN, perwakilan Uni-Eropa dan beberapa negara tetangga, pelaku industri mitigasi bencana dari berbagai negara, serta asosiasi terkait seperti CTIS (Centre of Technology and Innovation Studies) maupun IABI (Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia), dan berbagai institusi pendidikan.

Melihat kebelakang, ADEXCO pertama diselenggarakan bersama Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) edisi ke-7 oleh UN Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR) di Bali pada 23-28 Mei 2022. Edisi keduanya diselenggarakan bersama dengan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana (RAKORNAS PB) pada 2-3 Maret 2023. Di tahun ketiganya, ADEXCO diselenggarakan bersama GFSR dengan membawa latar belakang pencapaian penting dan refleksi atas peringatan dua puluh tahun Tsunami Samudera Hindia (IOT20) dan kondisi krisis lingkungan, ekologi, dan keanekaragaman hayati. GFSR 2024 menjadi platform kolaboratif bagi para pemangku kepentingan untuk mendorong konvergensi dan koherensi terkait dengan Perjanjian Paris tentang Perubahan Iklim, Kerangka Kerja Sendai tentang Ketahanan Risiko Bencana, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

GFSR yang kedua ini dibuka melalui sesi diskusi panel yang menghadirkan berbagai narasumber, antara lain Marco-Toscano Rivalta, selaku Kepala Badan PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) regional Asia-Pasifik, dan Ranjini Mukherjee, Director - Research, Knowledge Management & Capacity Development dari Coalition for Disaster Resilience Infrastructure (CDRI), sebuah multi-stakeholder global yang terdiri dari berbagai perwakilan pemerintahan dan berbagai sektor swasta multilateral dan institusi pendidikan, serta dihadiri oleh Aslam Perwaiz, Deputy Executive Director dari Asian Disaster Preparedness Centre (ADPC), organisasi internasional otonom untuk kerja sama dan implementasi pengurangan risiko bencana dan membangun ketahanan iklim di Asia dan Pasifik. Selain itu, perwakilan National Disaster Management Centre dari Brunei Darussalam, Colonel Muhd. Harrith Rashidi, serta penasihat senior SIAP SIAGA, Said Faisal, pun turut membagikan pengalaman dan pengetahuannya mengenai pentingnya kesiapsiagaan dan kolaborasi dalam menghadapi bencana, terutama bencana seperti Tsunami Aceh 2004.

Sesi panel diskusi bertajuk “Pembelajaran dari Tsunami Samudera Hindia (IOT20): Refleksi dan Prestasi [Lessons Learned from the Indian Ocean Tsunami 2004: Reflections and Achievements]” ini dimoderatori langsung oleh Dr. Raditya Jati, selaku Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB. “Melalui pengalaman dari tsunami di Aceh dua puluh tahun lalu, kita belajar bahwa resiliensi bencana sangat bergantung pada beragam faktor termasuk pemerintah, investasi, dan harus mengadopsi pendekatan terintegrasi, karena dampak bencana sangat kompleks, dengan tantangan beragam misalnya isu perempuan, anak-anak, lansia, bisnis, dan ekonomi lokal.” tegasnya.

Mengangkat tema pembelajaran terhadap Tsunami Samudera Hindia, bencana besar pada 26 Desember 2004 ini mengakibatkan ratusan ribu korban jiwa pada 14 negara lebih, dan dianggap sebagai salah satu bencana alam paling mematikan di awal abad 21. Oleh karena itu, berbagai pihak menyoroti pentingnya kesiapsiagaan dan kolaborasi, terutama bagi negara-negara yang dilewati oleh lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. “Isu ketahanan adalah sesuatu yang terus berkembang seturut dengan semakin kompleksnya tantangan yang harus dihadapi. Untuk memastikan resiliensi berkelanjutan, tiga elemen kunci yang perlu diperhatikan adalah tata kelola yang inklusif, sistem pendanaan, usaha melokalkan demi adaptasi. Inklusivitas adalah elemen penting untuk menghadapi kompleksitas tantangan modern, karena kita perlu melihat resiliensi dari sudut pandang holistik. Kita juga harus menerapkan sistem pendanaan yang mengutamakan pencegahan dan ketahanan di sektor publik dan swasta. Dengan bantuan data dan teknologi, usaha melokalkan pengambilan keputusan memungkinkan adaptasi yang lebih tepat terhadap berbagai perubahan, sehingga bisa memastikan resiliensi berkelanjutan yang efektif,” papar Marco-Toscano Rivalta, Kepala UNDRR region Asia-Pasifik.

Penasihat senior SIAP SIAGA, Said Faisal, pun mengapresiasi adanya forum global ini dengan menyampaikan urgensinya atas forum-forum semacam ini. Ia menyoroti mengenai tiga pelajaran penting dari rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pasca tsunami, yaitu “Pertama, adanya sebuah organisasi pemerintah yang memiliki wewenang penuh untuk membuat keputusan dan bertindak langsung di lokasi yang membutuhkan. Kedua, adaptabilitas lebih penting daripada perencanaan, karena krisis sering kali tidak dapat diprediksi, sehingga rencana harus dapat menyesuaikan dengan situasi di lapangan. Ketiga, selama rehabilitasi dan rekonstruksi, fokus utama harus pada memberikan hasil nyata dalam waktu cepat untuk memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat, bukan terjebak dalam diskusi atau kebijakan yang berlarut-larut.” 

Semua hasil diskusi pada panel diskusi ini diharapkan akan menentukan arah kebijakan multi-helix, yaitu kolaborasi multinasional antara pemerintahan, sektor swasta, badan penanggulangan bencana, institusi pendidikan, dan berbagai asosiasi terkait dari berbagai negara. Kunjungi laman https://bit.ly/IEE-Series-2024 untuk mendapatkan akses dan informasi terkini tentang seminar, pameran, dan acara pendukung lainnya selama ADEXCO dan juga IEE Series 2024 - Engineering Week. Berbagai diskusi, seminar, maupun podcast yang akan terselenggara selama acara pun dapat disaksikan secara online melalui https://vexpo.iee-series.com/ ataupun unduh aplikasi IEE VExpo melalui PlayStore maupun iStore.

***

Tentang ADEXCO


Asia Disaster Management and Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) adalah acara tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan berkelanjutan dalam sektor penanggulangan bencana dan perlindungan sipil. Pameran ADEXCO akan diadakan pada tanggal 11-14 September 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta bersamaan dengan rangkaian pameran Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2024, yang merupakan wadah pertemuan terbesar di sektor energi dan engineering di Asia Tenggara. Dengan fokus pada inovasi dan teknologi, ADEXCO menjadi platform kunci bagi para profesional di Asia, khususnya di Indonesia, untuk berhubungan, berkolaborasi, dan berkontribusi pada wacana global mengenai ketangguhan terhadap bencana.


Tentang Pamerindo Indonesia

 

PT Pamerindo Indonesia adalah penyelenggara pameran perdagangan terkemuka di Indonesia, yang didirikan dengan tujuan tunggal untuk menyelenggarakan pameran perdagangan khusus untuk pasar Indonesia. Perusahaan ini telah berkembang pesat dan sekarang telah menyelenggarakan lebih dari 20 pameran perdagangan di Jakarta, Surabaya, dan Bali untuk berbagai sektor seperti: Kecantikan, Bangunan & Konstruksi, Listrik & Ketenagalistrikan, Makanan & Hotel, Laboratorium, Manufaktur, Pertambangan, Plastik & Karet, Minyak & Gas.

www.pamerindo.com

 

PT Pamerindo Indonesia merupakan bagian dari Informa Markets, sebuah divisi dari Informa plc. Informa Markets menciptakan platform untuk industri dan pasar spesialis untuk berdagang, berinovasi, dan tumbuh. Portofolio kami terdiri dari lebih dari 550 acara dan merek B2B internasional di pasar, antara lain Perawatan Kesehatan & Farmasi, Infrastruktur, Konstruksi & Real Estat, Mode & Pakaian, Perhotelan, Makanan & Minuman, dan Kesehatan & Nutrisi. Kami memberi pelanggan dan mitra di seluruh dunia peluang untuk terlibat, mengalami, dan melakukan bisnis melalui pameran tatap muka, konten digital spesialis, dan solusi data yang dapat ditindaklanjuti. Sebagai penyelenggara pameran terkemuka dunia, kami menghidupkan beragam pasar spesialis, membuka peluang, dan membantu mereka berkembang selama 365 hari dalam setahun. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.informamarkets.com


Untuk informasi lebih lanjut dan detail lebih lanjut mengenai Indonesia Energy & Engineering Series 2024, silahkan kunjungi:

 

Indonesia Energy & Engineering Series – Energy Week (28-31 Agustus 2024)

● ELECTRIC & POWER INDONESIA – www.electricindonesia.com

● WATER INDONESIA – www.waterindonesiaexpo.com

 

Indonesia Energy & Engineering Series – Engineering Week (11-14 September 2024)

● OIL & GAS INDONESIA – www.oilgasindonesia.com

● MINING INDONESIA – www.mining-indonesia.com

● GIFA INDONESIA – www.gifa-indonesia.com

● METEC INDONESIA – www.metec-indonesia.com

● CONSTRUCTION INDONESIA – www.constructionindo.com

● CONCRETE SHOW SOUTHEAST ASIA – www.concreteshowseasia.com

● ADEXCO - www.adexco.id            

Narahubung:

ADEXCO - Exhibition : 

Mobile: +62 877-085-11600 (WhatsApp) | +62 812-1004-3236 (WhatsApp)

Email: sekarwanti.salim@pamerindo.com | iee.marketing@pamerindoindonesia.com 

Website: https://adexco.id/ 

Visitor Pre-registration: http://bit.ly/prereg_adc24 


GFSR - Conference: (SIAP SIAGA)

Mobile:  Andhini +62 877 2258 5035 (WhatsApp)

Email: andhinih.siapsiaga@gmail.com 


Workshop 13 September 2024: USAID

Mobile: Restu Prawati +62 878- 8662-6767, Nurdianto +62 813-6008-4780

Email: rpratiwi@devtechsys.com  


Workshop 14 September 2024: ICLEI

Mobile: Sumardi Ariansyah +62 819-1892-1927 (WhatsApp)

Email: sumardi.ariansyah@iclei.org  


Secretariat (BNPB): 

Mobile: +62 812 8381 7720

Email: strategy.bnpb@gmail.com

TRANSFORMASINUSA NEWS

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih